Selasa, 22 November 2016

The Bat Family

Bruce Wayne
Alias: Batman
Origins: Earth One, Earth Two, New Earth
Bruce Wayne yang merupakan alter-ego dari Batman adalah pemimpin dari organisasi ini. Saat kecil, ia menyaksikan pembunuhan brutal terhadap kedua orang tuanya. Bruce menggunakan trauma dan kekayaan pribadinya untuk melakukan perjalanan keliling dunia demi mempelajari beragam skill yang dibutuhkan. Setelah kembali ke kota Gotham, ia memutuskan untuk meningkatkan aksinya dan mendeklarasikan perang terhadap kejahatan dalam skala global sebagai Batman. Untuk menutupi keterlibatannya, Bruce mengungkapkan kepada publik bahwa secara diam-diam ia telah mendanai kegiatan Batman selama bertahun-tahun (tanpa mengakui bahwa ia adalah Batman), serta mendirikan perusahaan baru bernama Batman Incorporated, untuk mendanai kegiatan Batman dan misinya di seluruh dunia.


Richard "Dick" Grayson
Aliases: Nightwing, Robin (former)
Origins: New Earth
Dick Grayson adalah anak dari keluarga pemain akrobat yang awalnya menjabat sebagai sidekick pertama Batman yakni Robin. Setelah kematian orangtuanya, Batman mengadopsi Grayson dan melatihnya dengan berbagai skill. Saat dewasa, ia berganti identitas sebagai superhero bernama Nightwing dan menjadi ketua dari organisasi Teen Titans yang bermarkas di New York. Nightwing juga menjabat sebagai pelindung Blüdhaven, kota kumuh yang masih berada dalam wilayah Gotham di bagian selatan. Menurut versi The Post-Crisis, kostum Nightwing ini terinspirasi dari ayahnya yang pada suatu waktu mengenakan kostum sirkus yang merupakan varian dari kostum Deadman. Saat Bruce Wayne terpaksa melepas tugasnya sebagai Batman akibat tulang punggungnya yang patah, Grayson sempat kembali ke Gotham City dan meninggalkan kelompok Titans, demi berkonsentrasi pada kejahatan yang terjadi di Gotham City. Ia lalu menggantikan Bruce Wayne menjadi Batman untuk sementara waktu. Setelah Bruce kembali, Grayson masih tetap terus beroperasi sebagai Batman di Gotham City sementara Bruce Wayne aktif menjabat sebagai pimpinan Batman Incorporated.


[​IMG]Alfred Pennyworth
Origins: Earth One, Earth Two, New Earth
Alfred Thaddeus Crane Pennyworth adalah seorang kepala pelayan yang sangat loyal kepada Bruce Wayne dan keluarga Wayne. Saat orangtua Bruce Wayne terbunuh, Alfred-lah yang membesarkan Bruce muda hingga dewasa, serta membantunya dalam membangun karir superhero dari awal. Selain menjabat sebagai kepala pelayan, Alfred juga menjadi wali sah Bruce pasca kematian orang tuanya. Tanggungjawabnya tidak hanya mengurusi kepentingan Bruce saja, namun ia juga mengurusi kepentingan Batman beserta Batcave yang merupakan markas utama Batman. Sebagai sesosok pria yang perfeksionis, Alfred adalah tipe orang yang sangat setia dan berbakti kepada tuannya, namun ia tidak takut mengkritik tuannya jika ia merasa harus melakukannya. Pengalamannya di ketentaraan membuat Alfred memiliki kemampuan bertarung dan pengetahuan tentang medis. Selain itu, dia juga dikenal sebagai seorang aktor panggung di masa mudanya. Alfred adalah anggota penting dari Batman Family dan juga pernah menjadi pemimpin dari Outsiders.


Timothy Jackson "Tim" Drake
Aliases: Red Robin, Robin (former)
Origins: New Earth
Sebelum bergabung dengan Batman sebagai Robin yang baru, Tim Drake adalah putra dari Jack dan Janet Drake yang berasal dari strata sosial yang sama dengan Bruce Wayne. Saat masih kecil, dia pergi ke sirkus bersama orangtuanya dan untuk pertama kalinya ia bertemu Dick Grayson. Drake akhirnya mengetahui identitas Batman dan Robin sebagai Bruce Wayne dan Dick Grayson setelah menyaksikan gerakan akrobat Robin yang sama persis dengan atraksi Flying Graysons. Setelah memperhatikan Batman yang semakin hari semakin sembrono dan sadis setelah kematian Robin kedua yakni Jason Todd, yang dibunuh oleh Joker, Drake memutuskan untuk campur tangan. Batman akhirnya menjadikan Drake sebagai Robin ketiga dan mengenakan kostum Robin yang lebih modern. Sebelum bergabung dengan Batman sebagai Robin baru, terlebih dahulu Tim Drake dikirim ke luar negeri untuk berlatih dengan beberapa ahli beladiri. Dengan munculnya Damian Wayne selaku putra dari Bruce Wayne, Tim memilih untuk meninggalkan peran sebagai Robin dan menggunakan identitas barunya yakni: Red Robin.


Damian Wayne
Alias: Robin
Origins: New Earth
Damian Wayne adalah anak biologis dari Bruce Wayne dan Talia al Ghul, yang lahir melalui rahim buatan dan mendapatkan penyempurnaan genetik. Sejak kecil Damian menerima pelatihan dari League of Assassins, organisasi yang dipimpin kakeknya yakni Ra's Al Ghul, yang membuatnya menjadi ahli beladiri yang handal. Dewasa sebelum waktunya membuat Damian memiliki sifat yang manja, egois dan kejam. Batman akhirnya mengetahui Damian adalah anaknya saat terlibat konfrontasi dengan Talia, dimana Damian dan ibunya terperangkap dalam ledakan hebat yang membuatnya terluka parah. Damian pun menerima perawatan di bawah pengawasan Dick Grayson sampai pulih. Meskipun sesat dan berbahaya, Damian tampaknya benar-benar ingin membantu Wayne dalam memerangi kejahatan setelah mengetahui bahwa ia adalah anak dari Bruce Wayne. Hal itu juga dilakukan olehnya untuk mendapat pengakuan dari ayahnya. Damian akhirnya dipilih menjadi Robin sebagai partner Batman, setelah Grayson memutuskan untuk menjadi Batman, menggantikan Bruce Way
ne.


Jason Todd
Alias: Red Hood, Robin (former)
Origins: New Earth
Bisa dibilang Jason Todd adalah Robin yang kurang terkenal diantara kalangan umum, padahal popularitasnya diantara fans komik sangat besar. Jason Todd adalah anak berandal yang pertama kali bertemu Batman karena tertangkap basah sedang mencoba mencuri ban Batmobile. Tidak banyak orang yang bisa melakukan hal serupa, Batman melihat potensi dan semangat yang dimiliki Jason kemudian mengangkatnya sebagai Robin kedua.
Berbeda dengan Dick, Jason adalah Robin yang kasar dan tak tau ampun. Terkadang keras kepala dan bertindak seenaknya, sampai pada suatu hari ia terperangkap dalam skema jahat The Joker dan akhirnya mati sebelum Batman sempat datang untuk menyelamatkan nya.
Bangkit dari kematian oleh kolam keabadian (Lazarus Pit) milik Ra's Al Ghul, Jason menjadi sedikit gila dan mencoba membalaskan dendam nya kepada Joker, dan Batman sendiri, dengan mengadopsi alias baru yaitu Red Hood. Jason tidak bisa dikategorikan sebagai seorang pahlawan maupun anggota tetap Bat-Family, karena ia memilih untuk menjalani hidup sendiri tanpa berafiliasi dengan Bruce, Dick, atau yang lain.


Selina Kyle
Alias: Catwoman
Origins: Earth One, Earth-Two, New Earth
Selina Kyle merupakan sosok dari Catwoman asli dan paling banyak dikenal, di mana kadang ia menjadi musuh Batman namun juga memiliki hubungan asmara yang rumit dengannya. Kehidupan awal Selina Kyle dikisahkan penuh dengan tragedi, di mana saat kecil ia sering mengalami siksaan dari ibu dan ayahnya. Saat gadis, ibu Selina mati bunuh diri dan tak lama ayahnya juga menyusul akibat minuman keras. Hidup seorang diri di jalanan Gotham membuat ia harus menjadi pencuri untuk menyambung hidupnya. Akal yang tajam serta bakat alam yang luar biasa sebagai seorang pesenam menyebabkan ia menjadi pencuri yang paling licin di kota Gotham. Untuk melindungi dirinya, Selina mempelajari ilmu beladiri. Kemudian mantan juara kelas berat Ted Grant (Wildcat) mengajarkan teknik bertinju kepadanya. Saat ia bertemu Batman untuk pertama kalinya, Selina akhirnya terinspirasi untuk mengenakan kostum sendiri saat berkeliaran pada malam hari di kota Gotham.
Pada awalnya Catwoman adalah musuh Batman, namun Catwoman juga sering membantu Batman dalam menyelesaikan beberapa kasus. 1 tahun setelah peristiwa Infinite Crisis, Selena memutuskan untuk pensiun di mana posisi Catwoman kemudian diambil alih oleh Holly Robinson.


Barbara Gordon
Aliases: Oracle, Batgirl (former)
Origins: New Earth
Barbara Gordon lahir dari pasangan Roger C. Gordon dan istrinya Thelma di pinggiran kota Ohio, yang terobsesi menjadi seorang superhero sejak masih kecil. Saat berusia 13 tahun, kedua orang tuanya tewas secara tragis akibat kecelakaan mobil sehingga Barbara di adopsi oleh pamannya James Gordon, yang bekerja sebagai kapten polisi di Gotham City. Tinggal di kota Gotham membuat Barbara menjadi terobsesi dengan Batman dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan Batman; termasuk merancang kostum Batman versi feminin. Kiprah awalnya sebagai Batgirl diawali saat ia diundang ke sebuah acara yang juga dihadiri Bruce Wayne, di mana seorang penjahat bernama Killer Moth dan kroninya berniat merampok club tersebut dan menangkap Bruce Wayne sebagai sandera. Barbara lalu mengenakan kostumnya dan berhasil melepaskan Bruce dari cengkeraman musuh, tanpa menyadari bahwa Bruce adalah Batman.
Tahun-tahun berlalu, Barbara kemudian merasakan bahwa perannya sebagai Batgirl kurang memuaskan sehingga akhirnya ia memutuskan untuk pensiun. Di saat itulah Joker muncul di rumahnya, menembak sehingga ia menderita kelumpuhan, yang membuat karirnya sebagai Batgirl benar-benar berakhir. Meski sempat mengalami depresi berat, namun ia mengabdikan seluruh waktunya dengan mengembangkan salah satu sistem paling kompleks dan kuat di dunia komputer, dan mulai bekerja mengumpulkan informasi. Ia lalu mengganti identitasnya menjadi Oracle.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar