Senin, 21 November 2016

Sejarah dari awal pembentukan Justice league

   Pada tahun 1960, genap 9 tahun sudah, DC Universe tidak memiliki tim superhero. Petualangan terakhir tim superhero Justice Society of America, yang notabenenya adalah tim superhero pertama, berakhir pada tahun 1951. Absennya kisah – kisah tim superhero disebabkan karena para pembaca komik kala itu lebih memilih genre lain, seperti : horror, romance, sci-fi dan lain – lain.
kehadiran komik Barry Allen sebagai The Flash pada tahun 1956, melahirkan generasi baru pahlawan super berkostum. Kala itu, Julie Schwartz, seorang editor komik DC, memutuskan bahwa generasi baru superhero ini membutuhkan tim mereka sendiri. Demi mewujudkan gagasannya tersebut, sang editor memanggil Gardner Fox dan Mike Sekowsky. Mereka berdua akhirnya menciptakan Justice League of America yang memulai debutnya dalam sebuah judul percobaan, ‘The Brave and The Bold’.
Kisah pertama petualangan Justice League of America dimulai dengan melawan Starro, sosok alien mirip hewan bintang laut yang mampu mengendalikan pikiran. Dalam komik tersebut, tim superhero ini diceritakan sudah lama terbentuk dan digawangi oleh 5 superhero, yaitu : Hal Jordan alias Green Lantern, Diana Prince alias Wonder Woman, Barry Allen alias The Flash, Arthur Curry alias Aquaman dan J’onn J’onzz alias Martian Manhunter. Menariknya, dua superhero terpopuler DC, Batman dan Superman, tidak banyak muncul pada awal – awal cerita Justice League of America. Mereka berdua hanya sesekali bergabung jika memang dibutuhkan.
Kisah pertama Justice League dalam ‘The Brave and The Bold’ sama sekali tidak mengulas awal mula terbentuknya tim yang digawangi Flash dan kawan – kawan. Debut mereka justru langsung menghadirkan cerita sebuah tim yang sudah terbentuk cukup lama. Hal ini dilakukan kemungkinan untuk menarik perhatian para pembaca, semacam percobaan untuk melihat respon mereka. Ketika para pembaca sudah mulai tertarik, baru cerita tentang asal usul terbentuknya Justice league diterbitkan.
Benar saja, kala itu para pembaca sangat penasaran dengan latar belakang bergabungnya para superhero DC ini. Dua tahun kemudian, dalam komik Justice League of America yang sedang berjalan, para pembaca akhirnya mendapatkan jawaban dari pertanyaan mereka.
Dalam komik Justice League of America Vol 1 #9, yang terbit tahun 1962, diceritakan awal mula terbentuknya Justice League of America adalah ketika 7 superhero DC harus bekerja sama jika ingin mengalahkan Appellaxians, sebuah ras alien yang ingin menguasai dunia. Setelah berhasil mengatasi ancaman ras alien tersebut, para superhero ini menyadari bahwa mereka tidak mungkin bisa melakukannya tanpa kerja sama tim. Oleh karena itu, Bruce dan Barry mengusulkan agar mereka membentuk sebuah tim atau kelompok superhero demi menumpas berbagai ancaman yang tidak bisa mereka atasi sendirian.
Sejak saat itu, petualangan tim superhero Justice League of America pun dimulai.Superhero-Justice-League

Tidak ada komentar:

Posting Komentar